Planet Tutorial

Langkah Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Dengan Mudah


Seringkali saat kamu sedang melakukan aktivitas seperti membaca artikel, menonton video, atau live streaming kamu pasti pernah merasakan bahwa koneksi jaringan internet kamu semakin terasa lambat. Melambatnya internet kamu didasari oleh berbagai macam faktor, seperti cuaca, bandwidth langganan internet kamu, dan juga cache browser kamu yang sedang penuh serta masih banyak lagi penyebabnya. Tentunya ada beberapa langkah mempercepat koneksi jaringan internet kamu dengan mudah agar kamu tidak merasa jengkel dengan internet yang lambat.

Kali ini Planetorial akan membahas Langkah Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Dengan Mudah. Namun perlu diingat langkah ini tidak bisa meningkatkan bandwidth langganan internet kamu, karena langkah ini bisa dikatakan hanya untuk mengoptimalkan saja dan cara ini bisa digunakan untuk PC, laptop maupun smartphone.

Langkah Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Dengan Mudah


1. Mematikan Update Otomatis Pada Aplikasi

Ketika kamu sedang menggunakan internet terkadang ada sebuah pop-up sebuah aplikasi yang menginfokan ke kamu bahwa aplikasi tersebut sedang dalam proses update entah itu Windows update, atau Google Play update. Nah, saat aplikasi ini diupdate otomatis bandwidth jaringan internet kamu akan terbagi, sehingga aktivitas kamu yang berhubungan dengan internet akan terasa lambat. Maka dari itu, kamu bisa mematikan Update Otomatis pada aplikasi tersebut.
Apabila kamu tidak tahu cara mematikan update otomatis, kamu bisa mengunjungi artikel berikut.

2. Mengganti DNS Server yang Lebih Cepat

Memangnya apa itu DNS? Secara singkat DNS(Domain Name System) digunakan untuk menerjemahkan nama situs web menjadi alamat IP. Untuk lebih jelasnya kamu membaca artikel Pengertian Dan Fungsi DNS Beserta Cara Kerjanya.
DNS yang kamu gunakan saat menggunakan internet, biasanya didapat dari DNS lokal milik ISP yang kamu. Dengan mengganti DNS kamu dengan DNS yang lebih cepat, otomatis koneksi jaringan internet kamu akan berjalan lebih optimal. Biasanya orang akan mengganti DNS mereka dengan Public DNS Google (8.8.8.8) atau DNS milik Cloudflare (1.1.1.1) yang dikenal DNS Server tercepat.
Untuk mengganti DNS langkahnya berbeda-beda sesuai perangkat dan juga sistem operasi yang kamu gunakan, kamu bisa membaca artikel berikut untuk lebih jelasnya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ketika kamu sedang terkoneksi internet menggunakan wifi atau jaringan data pada smartphone pasti kamu pernah mendapat sinyal yang kurang maksimal. Hal ini juga dapat menyebabkan internet kamu terasa lambat. Kamu bisa mencoba menghubungkan ulang jaringan kamu agar internet kamu lebih cepat. Tapi apabila langkah tersebut masih kurang membantu, kamu bisa mencoba menginstall aplikasi pihak ketiga yang tersebar di Google dan bisa membuat sinyal kamu lebih stabil, sehingga internet kamu akan terasa lebih cepat.
Jika kamu kesusahan mencari aplikasi pihak ketiga untuk perangkatmu, kamu bisa membaca artikel berikut.

4. Merestart Perangkat Jaringan

Perangkat jaringan sangatlah berpengaruh pada kecepatan koneksi jaringan internet kamu. Dengan merestart perangkat jaringan milik kamu seperti perangkat router, modem, smartphone, dan perangkat jaringan lain, kecepatan koneksi jaringan internet kamu akan terasa lebih maksimal dari sebelumnya. Untuk itu kamu bisa merestart semua perangkat jaringan yang kamu gunakan untuk terhubung dengan internet.

5. Mengganti Perangkat Jaringan

Apabila kamu merasa sudah mencoba untuk merestart semua perangkat jaringan internet kamu, namun koneksi jaringan internet kamu masih terasa sangat lambat, hal yang memungkinkan menjadi faktor pemicunya adalah perangkat jaringan kamu yang sudah tidak layak. Jika kamu sangat awam dengan IT mungkin kamu bisa konsultasikan ke pihak penyedia jaringan/ISP(Internet Service Provider) atau langsung mengganti perangkat jaringan kamu. Namun jika kamu sedikit paham dengan IT kamu bisa mencoba untuk membersihkan perangkat router atau bahkan menggantinya, mengkrimping ulang kabel LAN dan juga mengganti LAN Card atau Wifi Card. 

6. Pindah ISP dan Upgrade Langganan

Langkah ini merupakan langkah opsional, apabila kamu merasa langkah diatas sudah kamu lakukan dengan benar, namun masih belum ada perubahan. Hal yang bisa kamu lakukan yaitu pindah langganan ISP yang lebih baik, atau kamu bisa upgrade langganan bandwidthnya saja. Sehingga kamu akan merasakan koneksi jaringan internet yang lebih maksimal.

Demikian Langkah Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Dengan Mudah yang bisa Planetorial bagikan. Apabila kamu memiliki pertanyaan, bisa kamu tanyakan melalui kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar