Planet Tutorial

Benarkah DNS 1.1.1.1 Lebih Cepat dari DNS Google?



Pada tanggal 1 April 2018, Cloudflare meluncurkan sebuah DNS resolver baru yang pada alamat IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1, DNS Cloudflare diklaim sebagai DNS resolver tercepat didunia mengalahkan Google Public DNS, Quad 9, OpenDNS, dan DNS resolver lainnya.

Mungkin sebagian kamu bertanya-tanya memang apa sih gunanya DNS? Singkatnya DNS berguna untuk menerjemahkan nama situs web menjadi alamat IP. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengetahui jawabannya melalui artikel XX.

Setelah hampir 1 tahun service DNS resolver milik Cloudflare dijalankan, bagaimanakah perbandingannya hingga saat ini, apakah masih bisa dianggap sebagai DNS resolver paling cepat? Karena itulah pada artikel ini, Planetorial akan membahas tentang pernyataan DNS 1.1.1.1 lebih cepat dari DNS Google?.


Benarkah DNS 1.1.1.1 Lebih Cepat dari DNS Google?


Perbandingan Kecepatan DNS di Dunia




Berdasarkan hasil data yang Planetorial dapat dari dnsperf, DNS 1.1.1.1 atau DNS Cloudflare muncul di peringkat pertama DNS tercepat di Dunia sejak bulan Maret 2018, namun hanya dengan uptime 91.88 % karena mungkin masih dalam masa percobaan.

Hingga saat ini berdasarkan data dnsperf, DNS 1.1.1.1 masih berada di peringkat pertama DNS Resolver tercepat di Dunia, dengan OpenDNS dibawahnya dan DNS Google di peringkat ketiga.

Uji Coba Perbandingan Kecepatan Internet dengan DNS Cloudflare

Apabila kamu ingin mengoptimalkan koneksi internet kamu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengganti DNS Server bawaan menjadi DNS Cloudflare dengan alamat IP  1.1.1.1 dan 1.0.0.1 di perangkat yang kamu gunakan sekarang. Kamu bisa menemukan langkah untuk mengganti DNS kamu pada artikel Mengganti DNS Server Pada Perangkat PC dan Smartphone.

Kesimpulan

Berdasarkan data diatas, Cloudflare masih menjadi DNS Resolver tercepat di Dunia. Namun perlu diingat bahwa data diatas didapatkan dari acuan global, jadi ada kemungkinan saat kamu menggunakan DNS Server tersebut bisa saja terasa lambat karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lokasi kamu saat ini, ISP yang kamu gunakan, dan juga trafik DNS Server yang sedang penuh. Apabila ada pertanyaan seputar artikel ini, bisa kamu tanyakan di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar